Mazda RX-7 Gahar, Boleh Jajal Tarik-tarikan

Diposting oleh TheKids Senin, 09 November 2009

Rabu, 21/10/2009 | 05:10 WIB
KOMPAS.com — "My dream's come true!" Begitu teriak dalam hati Andy Santosa soal Mazda RX-7 Veilside yang diidamkannya, ternyata sudah ada padanya. Sedan kupe yang menjadi selebritis di sinema Tokyo Drift itu dibikin lebih gagah dengan mengaplikasi body kit lansiran C-West.

Karakter C-West yang lebih simpel namun gahar, sangat cocok untuk sport car produksi 1997 yang satu ini. "Waktu pembuatan dan fitting cuma sebulanan," ujar Andy Makau—sebutan lain Andy.

Bumper yang landai dengan air dam berongga besar bukan sekadar variasi, melainkan memang untuk mendinginkan intercooler HKS. Kap mesin berornamen karbon juga menambah penampilan lebih sensual dan mengentalkan aroma racing. "Yang lebih mantap. GT Wing-nya mirip dengan C-West asli," papar Andy yang merombak seluruh tubuh RX-7 dengan paket Veilside Fortune.

Tampilan boleh sangar, tapi tak ada arti jika tidak didukung performa mesin. Andy mengutarakan, kalau dapur pacu 13BT-REW dua rotor ini menyembunyikan letupan hingga 247 dk on wheels. Kalau dihitung di mesin, katanya, bisa mencapai 320 dk.

Bisa begitu, speedaholic satu ini coba memaksimalkan. Mengorelasi air fuel ratio di mesin rotary saja mudah, namun menurutnya Haltech yang paling baik. Meski diakuinya untuk mencari perhitungan matang mesin rotary tidak mudah.

Sebab, "Sistem kerja rotary mirip dengan mesin 2 tak yang harus meng-adjust banyak variabel," ujar Ovie, mekanik KS Nusa. Tapi dengan Haltech EIIV2 mampu memperhitungkan 32 poin di antara full throttle fuel, injector timing sampai cranking fuel primer jadi lebih lengkap dengan hasil dahsyat.

"Gear 4 saja bisa tembus 180 km/jam di putaran 5.000 rpm," bangga Andy.

0 komentar

Posting Komentar